Tuesday, July 3, 2012

Resep Fettucini with Spinach and Chicken :9

Tadi saya iseng masak-masak. Sempet lihat satu resep sih di sini (oh iya, itu website masak favorit saya). Tapi saya modifikasi dikit. Maklum. Secara saya orangnya kopet dan ogah rugi. Mana ada saya mau beli minyak zaitun. Paling murah 20 ribuan sebotol. Botol kecil lagi. Pft!

Yaaaa, ini sejenis modifikasi dari aglio olio spaghetti sebenarnya.

Oke, mari kita mulai. Inilah penampakannya.

ta-da!

Berhubung saya orangnya masak-masak sendiri, makan-makan sendiri, resep berikut ini adalah untuk satu porsi.

Bahan-bahan:
  • Fettucini kering, ukur sendiri lah takarannya buat satu porsi. 50 gram-an cukup si kalo saya mah. Saya pakai La Fonte karena murah :D
  • Air matang sepertiga panci. 
  • Garam secukupnya. 
  • Minyak secukupnya. Berhubung ini masakan Italia, seharusnya minyak zaitun.
  • Bawang putih 1 siung, yang gede.
  • Kaldu bubuk rasa ayam. Rasa sapi gak papa sih, enak-enak juga. Secukupnya aja biar ga mabok MSG.
  • Mentega dikiiiiiit aja, seujung pisau aja.
  • Fillet ayam yang seukuran jari itu, 1 potong yang agak gede.
  • Tepung bumbu. I recommend Sasa pedas.
  • Bayam Jepang (horenso). Kalau kemahalan, ganti bayam biasa juga gak apa-apa.
  • Merica hitam bubuk secukupnya.

Cara membuatnya:

  • Didihkan air. Masukkan garam, aduk sampai larut.
  • Masukkan fettucini. Tips: patahin dulu fettucininya jadi dua supaya ga susah masaknya.
  • Rebus setengah matang.
  • Sambil nunggu fettucini direbus, lumuri ayam pake tepung bumbu. Sisihkan.
  • Angkat panci dari kompor, sisihkan aja fettucini sama air rebusannya. Jangan disaring, nanti nempel-nempel.
  • Panaskan minyak ditambah mentega secukupnya di teflon datar. Dikit-dikit aja, asal melapisi dasar teflon.
  • Kalau sudah panas, masukkan ayam. Masak di satu sisinya.
  • Sambil nunggu ayam dimasak, petik horenso atau bayam. Cukup pakai daunnya aja, Sisihkan.
  • Kalau sisi bawah si ayam sudah berwarna cokelat keemasan, balik si ayam.
  • Sambil nunggu satu sisi ayamnya lagi matang, cincanglah si bawang putih.
  • Angkat si ayam kalau kedua sisi udah matang, sisihkan.
  • Lap si teflon pake tisu.
  • Panaskan lagi minyak secukupnya di teflon yang sama, tumis bawang putih cincang.
  • Masukkan fettucininya saja, jangan sama air rebusannya. aduk-aduk.
  • Tambahkan kaldu bubuk, aduk-aduk lagi sampai rata.
  • Tambahkan horenso atau bayam, aduk-aduk sampai layu.
  • Tambahkan merica hitam, aduk rata.
  • Angkat, taruh di piring atau mangkok.
  • Iris ayam goreng, taruh melintang di atas fettucini.
  • Makaaaan!!! :9

Udah gitu aja. Gampang kan? Bikin lah.

2 comments:

  1. wah gampang banget, tinggal pesan di lu terus gw bayar. yap life is simple as fcuk.

    ReplyDelete
  2. as simple as fcuk? fuck won't be simple for you, calon perjaka tuek.

    ReplyDelete