Wednesday, October 10, 2012

Jhotty's Curry

Setelah sekian lamanya gue gak ngeriviu tempat makan apapun, kira-kira dari jaman G30S/PKI sampai negara api datang menyerang, gue akan meriviu tempat makan ala India yang mungkin lo pikir antara ada dan tiada di Jatinangor. Ya ampun, ternyata ada dong kaka. Lucu banget. Namanya adalah..

Jhotty's Curry.

Sebenernya gue sering bet sih liat tempat makan ini, cuma tempat makannya gak menarik banget. Etalasenya kosong, malah suka ada helm aa tukang masaknya. Ini tempat makan apa tempat cuci helm? Tapi akhirnya, kemarin gue kesana juga, sendirian. Terus hari ini juga ke sana, berame-rame sama temen-temen :3

Gak usah lama-lama, gue merekomendasikan tempat makan ini. Kenapa? Karena sudah cukup rasanya gue melihat tempat makan di pengkolan Sayang, belakang tukang ojek itu, bangkrut. Habis itu ganti penyewa dan jenis warung makan, lalu bangkrut lagi. Ganti lagi, bangkrut lagi. Gue gak pingin Jhotty's Curry punya nasib yang sama, karena sebenernya makanannya enak-enak kok!

Oh iya, Jhotty's Curry ini letaknya bukan di pengkolan Sayang kok, melainkan di seberang Toko Kue Alif, pas banget di samping tukang mie aceh.

Well, kemarin gue nyobain Mutton Biryani. Ini dia bentukannya.

Mutton Biryani

Bentukannya mirip nasi goreng kambing sih sebenarnya. Baunya pun mirip nasi goreng kambing Kebon Sirih (masih ada ga sih itu tempat makan?). Tapi warnanya lebih kuning. Kamera gue aja yang jeleg ga bisa nangkep warna kuningnya, eheheheh.. Kuning kunyit gitu lah, tapi lebih kecoklatan daripada nasi tumpeng.

Buat sebagian, atau mungkin banyak orang, tekstur dan rasanya mungkin agak greasy. Ya termasuk gue sih. Tapi yang bikin berkesan (halah), gue suka bumbu-bumbu macem kapulaga, jintan, adas, dan kawan-kawannya itu nggak dihancurin. Jadi tiap suapannya itu, kita bakal ngegigit macem-macem rempah-rempah tersebut, trus aromanya langsung nyebar gitu di mulut. Enak...wangi :3

Tapi daging mbeknya dikit..kecil-kecil. Ya iyalah kaka. Kalo banyak ya aa-nya rugi.

Trus hari ini, gue makan sama temen-temen. Trus mesen yang lain. Ini dia makhluknya.

Mango & Strawberry Lassi

Kalo ini minuman khas sono. Lassi itu sejenis milkshake ala indiahe. Normalnya, Lassi terbuat dari mangga, yoghurt tawar, dan madu yang diblender. Cuma, di Jhotty's Curry ada versi Strawberry juga. Menurut lidah saya masih enakan Mango Lassi. Yang otentik emang oke.

Ngga juga sih. Di sini ada yang lebih otentik lagi, yaitu Masala Lassi. Tapi ga pengen nyobain juga gue karena pada dasarnya itu adalah yoghurt dikasi garam masala. Belum seadventurer itu lah haha.

Trus ini ada lagi.

Roti Chapatti pake Chicken Curry

Yang ini lumayan. Mirip-mirip roti cane pake kari lah. Cuma roti Chapatti itu tipis, trus gak ada rasanya. Kalo roti cane kan agak-agak asin/manis gitu. Kari ayamnya pun lumayan, walau menurut gue agak encer. Tapi daging ayamnya yang lembut banget gitu lah. Keliatannya dikit, tapi asli ngenyangin.

Tandoori Chicken

Ini pesenan gue. Agak-agak diluar ekspektasi sih. Yaiyalah,ekspektasi gue tandoori chicken ala sky dining Plasa Semanggi seharga +/- 90ribu. Ya intinya sih, tampangnya lebih bagus daripada rasanya. Lebih bagus daripada di foto lah. Menurut selera gue rasanya rada hambar. Tapi warnanya menarik sih.

And the last but not least...


Manchurian Ghobi pake roti Prata

Ini menu vegetarian. Bahan dasarnya kol yang ditepungin, dimasak, trus diolah dengan bumbu kari yang kental banget. Ini pesenan si @liaarisyanti. Sebenarnya gue agak-agak underestimate gitu sih sama menu vegetarian gitu. 

Tapi tanpa disangka-sangka, kayaknya malah ini deh yang paling enak dibanding semua menu di atas. Rasanya kayak daging ayam. Gak kayak sayur sama sekali. Dan bumbunya pun yang paling rich rasanya dibandingkan sama menu-menu sebelumnya. 

Gue jadi inget sama tulisan seorang travel writer (lupa siapa) tentang India. Jadi, di sana banyak vegetarian, secara gak boleh makan daging sapi. Harom gitu, sama aja kayak di sini orang Islam gak boleh makan babik (tapi gue ga ngerti deh kenapa akhirnya jadi vegan...kan bisa makan ayam). Nah, jadi mereka, instead of bikin sayuran macem oseng-osengan ala Cina, atau the super lame salad-nya orang bule, orang India berusaha bikin sayuran dengan rasa macem daging. Jadi menu vegetarian disana ya kari kentang, sayuran macem Manchurian Ghobi ini, dan banyak lagi yang lainnya :))

Oh iya, roti prata-nya, menurut gue juga lebih enak daripada roti chapatti-nya. Mirip-mirip crepe, tapi gurih.

Ya sudah saja. Ayo, makan di Jhotty's Curry biar dia ga bangkrut. Kasian kaka...sepi banget. Padahal enak. Ya namanya juga makanan India yang disesuaikan dengan lidah sini. Bagi orang India asli mungkin kurang bumbu. Buat kita terlalu berbumbu :))

2 comments:

  1. Manchurian Ghobinya cakep betuuuul! pengen, mak! traktir dong, cantik.. #shameless

    ReplyDelete