Wednesday, October 9, 2013

Lotek Kalipah Apo - Kalipah Apo 42, Bandung.

Last week was so hectic and depressing *sigh* so I went to Bandung to refresh this poor brain and hopeless soul. Tadinya gak tau mau ngapain. Yang jelas pengen nyampe Bandung aja. Tiba-tiba gw teringat Dewi Lestari. Pernah liat di tweetnya kalo dia ngomongin Lotek Kalipah Apo. Pas magang kemarin pun gue beberapa kali lewat Kalipah Apo tapi yah, namanya juga magang. Mana sempet jalan-jalan. Jadi akhirnya gue memutuskan buat makan di lotek Kalipah Apo bareng Kak Cia.

Lotek Kalipah Apo ini terletak di Kalipah Apo no. 42. Denger kata lotek, pertamanya langsung kebayang tempatnya kecil, blusukan gitu kayak lotek Cihapit. Ternyata engga, tempatnya semacem pujasera dan ga ngejual lotek doang walaupun andalannya emang si lotek ini. Kalipah Apo 42 ini terkenal banget ternyata, sudah ada dari tahun 60-an pula. Sempet didatengin sama Pak Bondan, sering masuk koran, nulis "kalipah apo" di iOS Map pun langsung ke-direct ke Kalipah Apo 42. Naik becak dari Kings dengan tujuan Kalipah Apo 42 pun langsung ditanya "pengen makan lotek ya teh?" haha.

Sampai di sana, kami pesan dua lotek dan satu bubur campur buat dishare.

lotek dan bubur campur. pic taken by @resiaraelly
Ketika makan, ga ada komen apa-apa yang keluar dari mulut kami berdua selain kata-kata semacam "anjir enak" "parah" "enak gila" "sumpah mantep banget ini" karena emang parah enaknya. Yang bikin enak itu, bumbunya parah banget mahtehnya. Kental, legit, bener-bener ga pelit, gurih dan manisnya pas, pedesnya customized sendiri kayaknya karena gue menemukan beberapa cabe rawit di lotek gue. Gila lah surgawi coy. Ini lotek terenak di muka bumi. Porsinya juga banyak. Dengan harga 14 ribu rupiah doang, sama sekali ga nyesel jauh-jauh dari Nangor buat makan ini doang :)

Bubur campurnya juga enak, cuma karena dimakan sehabis makan lotek jadinya kerasa biasa aja. Ketutup gitu. Sebenarnya candilnya enak + gede-gede dan kuah santannya ga eneg sama sekali sehingga abis makan lotek yang banyak itu, ditutup dengan ini pun jadinya gak begah. Kalo gampang kenyang mendingan ga udah nambahin pisang ke buburnya, soalnya nanti ujung-ujungnya ga kemakan walaupun sebenarnya pisangnya manis dan lembut juga. Harga bubur campurnya juga sama kayak loteknya, 14 ribu.

Langsung nyesel ke ubun-ubun ga kesini dari dulu. Kenapa aku harus tau lotek ini di semester bontot gini si Tuhaaaan. Definitely bakal balik lagi ke sini. Mau nanti tinggal di Papua pun bakal kesini lagi untuk makan lotek ini. 11 out of 10!

Lotek Kalipah Apo
Jalan Kalipah Apo no. 42, Bandung
No. Telp: 022-4205983

Cabang di Jakarta: Jl. Batanghari no. 21

2 comments:

  1. "aku pengen ke Kalipah Apo deh kak. tapi ntaran aja deh..soalnya jauh banget".

    jauh..banget? oh well. :)))))

    ReplyDelete